Selasa, 06 Agustus 2013



KERANGKA ACUAN KEGIATAN PELATIHAN PUBLIC SPEAKING
HMI CABANG LHOKSEUMAWE-ACEH UTARA
03, 04, 05 DESEMBER 2012

Pengantar
Publik Speaking adalah salah satu keterampilan yang dapat dilatih, dipraktekkan, dan dimanfaatkan untuk memberi manfaat sesuai dengan kebutuhan audience, antara lain untuk menyampaikan informasi, memotivasi, membujuk dan mempengaruhi orang lain, mencapai saling pengertian dan kesepakatan, fungsi manajerial, dan membagikan pengetahuan yang dimiliki seseorang.
Setiap hari secara normal, seseorang akan mengeluarkan puluhan ribu kata dan lebih dari 80 % apa yang dikeluarkannya akan mempengaruhi kehidupan orang tersebut. 
Public Speaking merupakan Ilmu yang paling berharga saat ini, karena dengan kemampuan Public Speaking seseorang akan mudah mencapai kesuksesan. Contoh real adalah Barack Obama (Presiden Amerika Serikat) yang memiliki kemampuan Public Speaking yang luar biasa. Ketika kita mempunyai kemampuan yang luar biasa, orang lain tidak akan tahu jika kita tidak “menjualnya” dengan kemampuan Public Speaking. Kemampuan Public Speaking bukan hanya berbicara di depan Umum tetapi mencakup berbagai hal diantaranya adalah ketika kita melakukan presentasi. Dengan kemampuan Public Speaking yang handal dipastikan bahwa Presentasi yang kita bawakan akan menjadi presentasi yang luar biasa walaupun materi yang disampaikan cukup menguras kepala audiens. Inilah salah satu manfaat Public Speaking yang sering kita jumpai dan Temukan manfaat Public Speaking lain dengan terus mengasah kemampuan Public Speaking dengan Training, Mengikuti Organisasi, Forum dan Praktek Langsung.
Tanpa kecakapan komunikasi / Public Speaking yang handal, proses menyelesaikan masalah dengan menghidari seoptimal mungkin kontak fisik akan sangat sulit didapatkan. Dengan program pelatihan Public Speaking yang terstuktur tepat, peserta akan dihantarkan untuk optimalisasi kemampuan komunikasi / Public Speaking dalam diri
Dalam dunia pendidikan, mereka menerima pelajaran dari sekolah dengan pengajar yang pintar tapi kurang bisa menjabarkan materi (membawakan materi secara konservatif ) hingga proses belajar menjadi cenderung membosankan. Hal ini juga membuat peserta didik menjadi pasif dan tidak keterampilan public speakingnya tidak terlatih dengan baik.
Dalam konteks Peserta Sekolah Demokrasi, keterampilan publik speaking yang baik diharapkan dipunyai oleh semua peserta dikarenakan para peserta berada dalam posisi sebagai kader di komunitasnya, diharapkan mampu menggerakkan inisiasi di komunitasnya dan meng-mempengaruhi orang dengan ide-ide perubahan.
Lebih dari itu sebagai fasilitator komunikasi antara masyarakat sipil dan masyarakat politik, peserta Sekolah Demokrasi juga diharapkan mampu menguasai teknik komunikasi yang efektif dalam usaha-usaha lobby, advokasi, audiensi serta kegiatan hearing publik.
Dari pelatihan ini diharapkan tidak ada lagi peserta yang takut ketika berbicara didepan umum serta diharapkan peserta akan bisa mempraktekkan keterampilan yang didapatkan dalam upaya menyebarluaskan pengetahuan dan nilai demokrasi yang diperolehnya selama bersekolah di SDAU kepada masyarakat di komunitasnya masing-masing.




Nama Kegiatan
Kegiatan ini bernama “Pelatihan Publik Speaking untuk Aktifis Organisasi Mahasiswa se Aceh Utara tahun 2012”

    Tujuan:
-           Peserta menguasai teknik berbicara efektif dan menarik
-           Peserta menguasai teknik menarik perhatian dan minat audiens
-           Peserta menguasai teknik menyampaikan gagasan
-           Peserta menguasai teknik mendayagunakan suara
-            Peserta menguasai teknik gerakan tubuh
-            Peserta menguasai teknik melibatkan audiens
-            Peserta menguasai teknik mengajukan pertanyaan
-            Peserta menguasai teknik Berespon terhadap jawaban peserta
-            Peserta menguasai teknik mengakhiri pembicaraan


 Waktu dan Tempat
 Hari                     : Senin, Selasa, Rabu
 Tanggal              : 03, 04 dan 05 Desember 2012
 Waktu                 : 08:30-17:00
  Tempat              : Aula Gedung SEPAKAT Training Centre (STC),
                               Gampong Blang Panyang Kota Lhokseumawe

     Narasumber
 Narasumber yang akan mengisi pelatihan ini adalah Bapak Saifuddin Bantasyam, SH,        MA. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala)


       Prasyarat Peserta
-                            Punya komitmen untuk ikut secara purna waktu (3 hari penuh)

-                            Membuat slide presentasi tentang “Publik Speaking” atau topic lainnya 
               yang berhubungan dengan pengembangan potensi diri (ditunggu sampai tanggal 23             November)

0 komentar :

Posting Komentar