Selasa, 06 Agustus 2013




KERANGKA ACUAN KEGIATAN LOKAKARYA PENYUSUNAN
PERENCANAAN STRATEGIS KOMUNITAS DEMOKRASI ACEH UTARA (KDAU)
DAN PERKUMPULAN SEPAKAT

A.  Pengantar
Komunitas Demokrasi Aceh Utara (KDAU) adalah forum warga yang diprakarsai dan dibentuk oleh alumni Sekolah Demokrasi Aceh Utara (SDAU) dan diperlakukan sebagai suatu forum sosial-politik, tempat para alumni dapat menerapkan pengetahuan dan ketrampilan mereka dalam berdemokrasi secara terorganisasi.

Sejak awal tahun 2012 KDAU sudah merupakan organisasi yang berbadan hukum sebagai Perkumpulan yang sudah menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.  KDAU diharapkan bisa mendorong perbaikan dan penguatan demokrasi dan kelembagaanya pada tingkat lokal, khususnya di Kabupaten Aceh Utara. Saat ini KDAU sedang melaksanakan penelitian untuk advokasi Qanun Tanggung Jawab Sosial perusahaan.

Sebagai organisasi yang belum berusia setahun, KDAU masih memerlukan penguatan kapasitas dalam hal keorganisasian dan penguatan Sumber Daya Manusia anggotanya. Dalam hal keorganisasian kami menilai sangat penting bila KDAU mempunyai perencanaan strategis sebagai landasan bergerak KDAU di masa mendatang.

Selain KDAU, Perkumpulan SEPAKAT sebagai Implementing Agency Program Sekolah Demokrasi di Aceh Utara juga masih belum menjadi sebuah lembaga yang kuat secara perencanaan strategis sehingga masih terkesan sebagai lembaga yang mengerjakan program bukan berdasarkan perencanaan strategis namun lebih terkesan terjebak pada hal-hal taktis jangka pendek. SEPAKAT sebagai lembaga yang menjalankan program Sekolah Demokrasi diharapkan mempunyai perencanaan strategis dalam hal penguatan konsep kelembagaan sehingga mempunyai rencana jangka panjang dalam hal penyebarluasan visinya secara lebih sistematis.

Pelatihan ini diharapkan akan memberikan penguatan kapasitas secara keorganisasian maupun SDM/Staff KDAU dan Perkumpulan SEPAKAT. Menjabarkan visi dalam peta strategi sebagai pedoman arah bagi langkah organisasi 4 sampai 5 tahun ke depan.
Paling tidak ada 5 langkah dalam penyusunan perencanaan strategis yaitu Langkah pertama untuk perencanaan strategis adalah Perumusan sasaran. Langkah perumusan sasaran ini sangat penting bahkan merupakan langkah yang terpenting dalam proses perencanaan strategis.
Langkah kedua adalah pengenalan pada tujuan dan strategi yang ada saat ini. Langkah kedua ini berarti sebagai pemimpin organisasi harus berusaha memberikan pengenalan atau penyesuaian tujuan dan strategi yang sudah ada.
Langkah ketiga dari proses perencanaan strategi adalah analisis lingkungan. Tujuan analisis lingkungan adalah untuk menentukan cara bagaimana perubahan dalam ekonomi, teknologi, sosial, budaya, politik, dan hukum suatu organisasi dapat secara tidak langsung mempengaruhi organisasi.

Langkah keempat adalah analisis sumber daya. Setelah melakukan analisis lingkungan, maka perlu dilakukan analisis sumber daya. Hal ini dilakukan untuk mengetahi seberapa besar sumber daya organisasi yang dimiliki. Sumber daya itu selain sumber daya manusia, juga sumber daya keuangan (sumber dana) juga sumber daya lainnya yang berpengaruh pada organisasi.

Langkah kelima adalah mengenali kesempatan dan ancaman strategis. Kesempatan dan ancaman dapat timbul dari banyak faktor. Bahkan lingkungan yang sama dalam organisasi merupakan ancaman bagi suatu organisasi dapat menjadi kesempatan bagi orang lain. Karena itu, mengenali kesempatan dan ancaman strategis merupakan keharusan dalam penyusunan perencanaan strategis.

Langkah keenam yaitu menentukan sejauh mana perubahan strategi dibutuhkan. Langkah ini adalah langkah untuk mengantisipasi jika terjadi perubahan kondisi lingkungan atau situasi organisasi berubah saat melakukan kegiatan. Ini untuk mencegah terjadi kekacauan dalam organisasi dan dapat menjadi alternative untuk mencapai tujuan organisasi.

B.    Nama Kegiatan
Kegiatan ini bernama; Lokakarya Penyusunan Perencanaan Strategis (Strategic Planning) Komunitas Demokrasi Aceh Utara dan Perkumpulan Serikat Pengembang Swadaya Masyarakat (SEPAKAT)

          C. Tujuan:
-       Menentukan batasan visi dan misi KDAU dan Perkumpulan SEPAKAT
-        Memilih fokus kegiatan lembaga yang akan dikembangkan yang didasarkan pada semua sumberdaya yang tersedia
-       Memberikan arah lembaga kedepan sebagai dasar penyusunan prioritas tindakan dan kebijakan lembaga dalam menghadapi perubahan lingkungan.
-       Mengarahkan dan membentuk kultur lembaga. Rencana strategis menunjang pengarahan dan pembentukan budaya lembaga lewat proses interaksi, tawar-menawar, atau komunikasi timbal-balik.
-       Menjaga kebijakan yang taat asas dan sesuai.
-       Menjaga fleksibilitas dan stabilitas operasi.
-       Memudahkan penyusunan rencana kegiatan dan anggaran tahunan.
-       Memetakan prioritas program 4 sampai 5 tahun mendatang dan potensial mitra

D.  Waktu dan Tempat
- Lokakarya Perencanaan Strategis Komunitas Demokrasi Aceh Utara (KDAU)
Hari                             : Senin s/d Rabu
Tanggal                      : 06, 07, 08 Desember 2012 (3 hari)
Waktu                         : Pukul 08:30 s/d 17:00 WIB
     Tempat                       : SEPAKAT Training Centre (STC), Blang Panyang Lhokseumawe
    
- Lokakarya Perencanaan Strategis Perkumpulan SEPAKAT
Hari                             : Jumat  s/d Minggu
Tanggal                      : 10, 11, 12 Desember 2012 (3 Hari)
Waktu                         : Pukul 08:30 s/d 17:00 WIB
     Tempat                       : SEPAKAT Training Centre (STC), Blang Panyang Lhokseumawe

            E.   Fasilitator

Kegiatan ini akan difasilitasi oleh Bapak Roys Fahlevy Mahfud (Sekjend Forum LSM Aceh). Roys Fahlevy dikenal luas di Aceh sebagai salah seorang spesialis dalam memfasilitasi perencanaan strategis terutama lembaga non-profit dan ornop.

1 komentar :

  1. Play online slots demo slot free demo - Vimeo
    Play free 바카라 사이트 online slots demo slot machine, online casino review, videodl video slots machine, youtube to mp3 no download and more videos. Play and win! - Vimeo.

    BalasHapus